Melihat Indahnya Rumah Adat Aceh di Pekan Kebudayaan Aceh 7

| 24 Aug 2018 15:59:59 | 3 Comments | 39 Shares
Indahnya Rumah Adat Aceh di Pekan Kebudayaan Aceh 7

Berbagai upaya dilakukan panitia perwakilan kabupaten-kota peserta pekan kebudayaan (pka) 7 untuk bisa menarik minat masyarakat berkunjung ke anjunga mereka.

Salah satu yang paling diandalkan adalah keunikan rumah adat,  kreativitas kerajinan khas daerah masing-masing, koleksi barang kuno, hingga menghadirkan kegiatan seni budaya di komplek anjungan.

Warna-warni dan ukiran khas rumah adat menjadi penarik tersendiri bagi masyarakat untuk singgah pada anjungan 23 kabupaten-kota yang dihadirkan di taman sultanah shafiatuddin pekan kebuduayaan aceh.

Kabupaten aceh besar misalnya, tak hanya mengandalkan keunikan rumah adatnya, pengunjung juga disuguhkan dengan kegiatan kreativitas berupa tenun. Menggunakan alat tradisional, pengunjung juga bisa belajar secara langsung tentang bagaimana cara membuat kain tenun yang dilakaukan tepat dibawah rumah adatnya.
Sementara di bagian atas atau bagian dalam rumah, warna cerah pelaminan menjadi penyambut sang tamu. Juara umum pka-6 ini juga menempatkan berbagai benda peninggalan masa lalu seperti halnya pedang dan rencong.

Berpindah ke anjungan aceh tengah, perpaduan warna cerah dan gelap dengan ukiran kerawang gayo menjadi penghias rumah adat. Sementara di bagian dalam, salah satu yang membedakan anjungan ini adalah dihadirkannya kerangka manusia pra sejarah.

Untuk memberi kenang-kenangan, pelaminan khas dataran tinggi gayo menjadi tempat berpose bagi pengunjung, ditambah sehelai kain kerawang yang juga kerap dipakai penari guel.

Sementara sebagai hiburan anjungan aceh tengah menghadirkan seni didong yang khusus dimainkan di sebuah balai/surau di area samping rumah adat. Seni didong khas aceh tengah juga dimainkan untuk menarik pengunjung